FBA dan GeRAK Gelar Pelatihan Strategi Anti Fraud-Anti Money Laundering

Forum Bangun Aceh (FBA) dan GeRAK menggelar Pelatihan Strategi Anti Fraud dan Anti Money Laundering di Kantor FBA, Rabu 20 Desember 2023.

KBA.ONE, BANDA ACEH РForum Bangun Aceh (FBA) dan Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh menggelar Pelatihan Strategi Anti Fraud (kecurangan) dan Anti Money Laundering (pencucian uang) di Kantor FBA, Rabu 20 Desember 2023.

Pelatihan diikuti oleh 16 orang staf FBA dengan narasumber Askalani sebagai Koordinator GeRAK yang telah banyak berwara-wiri bekaitan isu pencegahan kecurangan khususnya anti korupsi.

HRD-GA Manager FBA, M Kafrawi menyampaikan, pelatihan ini dilaksanakan guna menyahuti perkembangan terkini dalam zaman keterbukaan dan perbaikan berkelanjutan untuk organisasi yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat.

Di samping itu, lanjut Kafrawi, karena adanya tuntutan masyarakat terkait accountabilitas organisasi dan peningkatan peran seluruh staf dalam mendeteksi dan mengungkap terjadinya tindak kecurangan (fraud) sebelum semakin besar, baik di internal organisasi maupun external termasuk pemangku kepentingan (stakeholders).

“Meningkatnya kompleksitas saat ini, telah menuntut perubahan paradigma peran staf, selain bekerja meningkatkan perekonomian masyarakat juga harus mampu memahami strategi anti kecurangan baik dalam internal organisasi maupun organisasi di masyarakat,” ujar Kafrawi.
“Yang kemudian dibagi kepada masyarakat dampingan serta pemangku kepentingan dalam kerangka membantu mempercepat pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik di semua level pemerintahan,” lanjutnya.
Menurutnya, kebutuhan akan peningkatan kemampuan staf dalam bekerja di lapangan termasuk di dalamnya audit atas tindak kecurangan dan pelaksanaan investigasi tidak hanya dalam kerangka kepatuhan terhadap peraturan/ketentuan, tetapi juga dalam rangka membantu manajemen mengelola risiko melalui pembentukan lingkungan yang mendukung: pendeteksian, pencegahan dan pengungkapan tindakan kecurangan.

“Manfaat pencegahan, pendeteksian dan pengungkapan tindak kecurangan dalam organisasi/masyarakat maupun bisnis mencakup segala langkah dan upaya hal yang dapat membantu manajemen meningkatkan dan memperbaiki pencapaian kinerja organisasi ataupun perusahaan yang telah ditetapkan,” tutup Kafrawi.

SUMBER : KBAONE